Kamis, 18 Januari 2018

Naga sari muntiara



Naga sari Muntiara, makanan tradisional kesukaan Dzaky, dia bisa makan habis banyak, kalau Dzaky suka makanan tertentu biasanya saya sering membuatkanya, mengurangi makanan intanst karena bila dzaky suadah makan makanan instan dia tidak mau makan nasi dan makanya menjadi kacau. Sebagai seorang ibu aku harus bisa mensiasati pola makan dzaky dengan menyajikan makanan yang bergizi dan seimbang agar tumbuh kembangnya bisa seimbang.
Naga sari  muntiara: makanan yang terbuat dari tepung hongkue, biasanya makanan ini ada yang menyebu dengan kue cantik manis, rasanya gurih dan manis, gurih karena terbuat dari santan. Dzaky suka sekali dengan makanan ini. Paling enak makanan ini disantap setelah keluar dari lemari es.
BAHAN-BAHAN:
-          1 bungkus sagu muntiara sekitar 100 gr
-          1 bungkus tepung hunkwe plain sekitar 95 gr
-          600 ml santan
-          250 gram gula pasir
-          ½ sendok teh garam
-          2 lembar daun pandan
-          1 buah pisang kepok sebagai hiasan
CARA PEMBUATAN:
-          Siapkan panci, didihkan 6 gelas air / 1500 ml, masukkan sagu muntiara aduk aduk, sampai biji muntiara mekar dan  berwarna bening. Saring dan rendam dengan air dingin agar tidak menempel satu sama lain
-          Campurkan gula, tepung hunkwe, garam, santan dan daun pandan dalam satu panci. Rebus dengan api kecil sambil terus diaduk aduk sampai mengental dan keluar letupan dipermukannya. Masukkan muntiara yang telah ditiriskan. Aduk aduk sampai tercampur rata. Matikan api.
-          Tunggu sampai uap panasnya berkurang / hangat, tuangkan kedalam cetakan hiasi permukaannya dengan daun pandan dan potongan pisang, tunggu sampai dingin dan mengeras, Siap dinikmati.
Tambah enak kalau naga sari muntiara diinapkan dulu ke lemarin agar dingin,,, rasa gurih santan berpadu dengan tepung dan muntiara menjadikan makanan yang nikmat dan enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

memperingati ISRO MI'RAJ

photo credit   Selamat memperingati Isra Mi'raj bagi semuanya☺ "Semoga syafaat Nabi Muhammad SAW selalu menyertai kita semua...